Laman

20 Nov 2007

Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Halo teman netter....,
Di blog ini saya akan membahas tentang cara-cara menghasilkan uang lewat internet. Ada begitu banyak peluang bisnis di interet namun kita sering harus mencoba ini dan itu dan ahirnya .....

Sebelumnya, saya boleh sedikit bercerita ya.
Setahun yang lalu (tepatnya 1 tahun 6 bulan), ketika saya masih menjadi seorang pemasar (sales) mobil di Jakarta, saya mendapat sebuah brosur mengenai cara menghasilkan uang lewat internet. Saya sedikit tertarik karena di brosur itu dikatakan bahwa seseorang bisa mendapat uang lewat internet hanya sambil duduk di depan komputer.

Dasar pemalas, setelah saya pikir agak lama, saya akhirnya tertarik juga. Karena siapa yang gak mau dapet duit sementara kerjanya santai (gak harus keliling-keliling buat jualan) sambil duduk dan minum kopi, trus dapet duit deh....

Tapi,....
Saya salah menduga. Salah 100%!!!
Tapi justru atas kesalahan itu, saya memetik banyak pelajaran yang sangat berharga. Dan setelah lebih dari setahun, saya sampai pada kesimpulan bahwa ratusan bahkan ribuan orang di Indonesia mencoba untuk mendapatkan uang mudah dari internet GAGAL TOTAL. Apa anda salah satunya?

Tepatnya, bukan Gagal. Tapi belum berhasil. Dan terlalu banyak orang menyia-nyiakan waktu hanya untuk hasil sedikit bahkan tanpa hasil sama sekali.

Walau demikian, blog ini saya buat karena saya terlanjur keluar dari pekerjaan saya dan memulai bisnis internet/online - dengan berbekal kesalahan-kesalahan yang lampau - dengan sedikit kerja ekstra. Saya punya keyakinan. Untuk itu, pengalaman berharga ini layak anda baca sebelum anda benar-benar ingin berbisnis lewat internet.

Apa kesalahan yang dilakukan para pemula?

Jujur saja, dulu saya sempat tergila-gila dengan uang mudah, cepat dan terlihat menjanjikan. Saya bercermi pada diri saya sendiri dan menduga bahwa di sana ada ribuan orang merugi dalam bisnis online. Kenapa?

Inilah kesalahan umum yang terjadi;

  • Emosional
    Kenyataan bahwa saya adalah pemula (pada saat itu) membuat segalanya menjadi perlu dipikirkan matang. Saya terlalu sering membaca sekilas dan ambisius. Mencoba ini dan itu dan hasilnya NOL. Yang saya sadari adalah, saya salah dalam menentukan keputusan dan tergesa-gesa.

  • Tidak ada yang gratis
    Kenyataannya, tidak satupun di dunia yang gratis. Ketika anda ditawari software gratis untuk didownload, anda perlu sadar bahwa anda membayar biaya akses internet. Kita lihat sekitar kita saja. Anda perlu setidaknya beberapa juta untuk (hanya) memulai usaha warung makan sederhana. Walau demikian, kabar baiknya, internet menawari kita banyak peluang. Apapun bisa terjadi di internet bukan? Tapi, tanpa disadari, setelah mencoba ini dan itu dengan maksud menghasilkan uang lewat internet tanpa modal sedikitpun, saya telah mengeluarkan banyak uang untuk duduk di depan komputer (selama setahun lebih).

  • Malas
    Malas melakukan sesuatu yang berarti. Maunya semua serba instant. Dan akhirnya hasilnya NOL sama sekali. Jujur saja, itu yang terjadi pada diri saya. Saya mengabaikan nilai kerja keras dalam meraih sesuatu. Baik di dunia offline mapun online, kerja keras adalah sesuatu yang sementara ini diakui sebagai cikal bakal keberhasilan.


Melakukan sesuatu yang berarti
Kalimat ini adalah penggalan pesan yang saya terima lewat e-mail dari seorang teman di luar negri. Saya sungguh terkesan. Dan kenyataanya, kita memang harus berani melakukan sesuatu yang berarti. Apa yang membuat anda berarti bagi pacar anda? Apa yang membuat seseorang berarti bagi anda?

Sesuatu yang berarti yang bisa anda lakukan untuk diri anda sendiri. Saya menyebutnya sebagai keberanian. Berani melakukan sesuatu. Dalam bisnis internet, hanya sedikit orang takut yang mendapatkan uang. Maksud saya, benar-benar mendapatkan uang! Sama yang terjadi pada diri saya. Hanya karena berharap saya bisa menjadi super hero yang menghasilkan uang tanpa keluar uang, saya justru membayar lebih mahal dari apa yang telah dilakukan orang lain yang sukses. Untuk itulah, saya berbagi pengalaman dengan anda. Bisnis apapun yang ingin anda mulai, anda butuh seorang pembimbing. Anda membutuhkan formula untuk melakukan sesuatu yang benar-benar menghasilkan. Anda membuthkan petunjuk yang benar-benar akan mengarahkan anda menuju apa yang anda inginkan.

Dan untuk mebuatnya bekerja bagi anda, hal utama yang harus anda miliki adalah sebuah keberanian. Anda harus berani berhasil, berani menjadi kaya, berani memiliki impian anda. Dan untuk semua itu, anda harus berani berkorban.