Laman

21 Nov 2007

Menghasilkan Uang Dengan Affiliate Program

Mnghasilkan uang lewat internet memang bisa dimulai dengan tanpa modal sepeserpun. Di artikel ini anda akan belajar bagaimana menghasilkan uang melalui program afiliasi (affiliate program), apa yang harus anda persiapkan dan bagaimana cara mempromosikannya.

Ada banyak program affiliate yang bisa anda temui di internet. Program ini menawarkan berbagai cara menghasilkan uang secara online. Sebagai pengetahuan dasar saja (khusus buat anda yang masih awam dalam bisnis online) saya akan menguraikannya sedikit di sini.

Pay Per Sale
Affiliate Merchant menawarkan kita komisi per sale. Artinya, kita hanya akan mendapat komisi jika kita benar-benar melakukan penjualan melalui affiliate link kita. Biasanya, untuk produk-produk digital seperti e-book, mereka menawarkan komisi cukup tinggi. Komisi ditawarkan dari mulai 20% hingga 70% (tergantung merchant-nya). Kalau sebuah e-book seharga $100 dengan komisi affiliate sebesar 50% saja, kita bisa mendapatkan komisi $50 setiap kali terjadi transaksi lewat affiliate link kita. Deangan program ini, anda bisa mentargetkan sendiri penjualan anda. Misal dalam sebulan anda mentargetkan 100 e-book terjual oleh anda. Berati anda akan mendapatkan uang sebanyak $5000 ( cukup buat jajan lah ya....... ),

Pay Per Click
Biasanya program ini ditawarkan oleh perusahaan yang menjual jasa periklanan. Maka di sini ada 3 pihak yang bekerjasama. Yaitu affiliate merchant, advertiser dan publisher (affiliate). Advertiser (pemasang iklan) akan membayar kepada merchant setiap iklan mereka diklik oleh seorang pengunjung website sejumlah beberapa sen hingga beberapa dolar. Anda sebagai publisher akan mendapat komisi per click iklan sejumlah beberapa sen hingga beberapa dolar. Namun program ini mensyaratkan anda harus (wajib) memiliki sebuah website. Karena anda akan memasang iklan para advertiser (sponsor) ini di halaman-halaman website anda. Jika arus pengunjung ke website anda tinggi (misal 10.000 orang per hari), anda memiliki potensi menghasilkan uang lewat internet dengan mudah. Anggap saja komisi per click sebesar $0.05. Anda mendapat 100 klik per hari (1%), maka dikalikan sebulan sama dengan 3000 klik x $0.05. Anda berpotensi menghasilkan uang $150 per bulan hanya karena klik saja.

Pay Per Lead
Jika anda membawa prospek berkualitas ke situs merchant, anda akan mendapat komisi. Artinya, kita dibayar walaupun prospek kita (lead) belum benar-benar membeli produk/layanan merchant. Merchant akan menentukan apakan seorang Lead memenuhi kualifikasi mereka atau tidak. Jika ya, maka kita akan mendapat komisi. Biasanya, prospek (lead) kita akan mengisi formulir pendaftaran dahulu sebelum dinyatakan qualified.

Recurring
Kita akan mendapat komisi flat secara periodik. Misalnya, seorang customer membeli layanan hosting dari merchant affiliate kita. Customer ini akan membayar biaya hosting bulanan / tahunan sehingga merchant juga memberi kita komisi tetap setiap bulan / tahun / dalam periode tertentu sepanjang customer ini tetap berlangganan jasa merchant. Walau rata-rata komisinya tidak terlalu besar, tapi kita akan mendapat komisi rutin.

Hybrid Program
Yaitu kombinasi beberapa program di atas. Misalnya, kita mendapat komisi dari setiap pendatang yang hanya mengisi formulir saja, dan mendapat komisi lagi ketika orang tadi membayar / membeli produk/jasa merchant.

Nah...,
Anda siap mejadi affiliate marketer dan menghasilkan uang lewat internet?
Berikut ada hal-hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulainya.

Pertama,
Bagaimana cara anda menjual?
Memang sih kita tidak akan berjualan keliling, door to door, atau menelpon calon pembeli. Kita hanya perlu online dan berpromosi secara aktif. Walau demikian, banyak marketer pemula (seperti saya dulu) mengikuti banyak program afiliasi, mendapatkan link referral, berpromosi dan tetap tidak menghasilkan uang. Kenapa? Karena dulu saya belum tahu strateginya.

Nah, salah satu strategi memasarkan produk orang lain lewat internet adalah dengan memiliki website. Apa harus memiliki website?
Tentu saja tidak. Tapi akan lebih efektif dan aman dari SPAMMING jika kita memiliki website untuk mempresentasikan produk.

Kedua,
Produk apa yang akan anda jual?
Hampir bisa dipastikan anda tidak akan menjual apapun jika anda memasang link aneka produk sementara anda membuat website tentang sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan produk yang anda jual. Ini adalah bagian dari rahasia bisnis internet. Jika anda membuat website tentang hobi memancing anda dan memasang link iklan tentang produk-produk busana wanita, tentu saja akan jarang sekali ada orang mau nge-klik apa lagi membeli produk. Kenapa? Karena pengunjung website anda sudah pasti orang-orang yangtertarik dengan hobi memancing dan mencari info seputar memancing.

Ketiga,
Ide Anda. Ini yang paling menentukan laku dan tidaknya produk yang anda tawarkan lewat website anda. Kalu topik tentang ide ada banyak dicari orang dan anda benar-benar menguasai ide dan hobi anda tadi, anda bisa menciptakan banyak keuntungan. Sebagai contoh, anda hobi memasak dan ingin mengajarkan tips dan trick memasak secara gratis. Ketika banyak ibu-ibu yang sering mampir ke website anda untuk mencari gosip masakan terbaru, anda bisa menyisipkan rekomendasi produk alat memasak di antara artikel atau tutorial anda. Jadi, di sini anda bisa membimbing sambil berjualan. Karena, ini adalah strategi berjualan paling efektif. Yaitu membimbing sambil menjual atau menjual dengan cara membimbing.

Tapi sekali lagi, apakah ide "gila" anda banyak dicari orang?
Berita baiknya adalah, di internet lahir prospek baru untuk ide-ide spesifik dan unik. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan ide anda.

Referensi: Memeliki website bisnis sendiri tidaklah sesulit dan semahal yang anda bayangkan. Silahkan baca mengenai Script Website bisnis instant. Anda tidak harus menjadi seorang programmer untuk bisa memiliki website bisnis profesional.