Laman

13 Okt 2008

Rangking satu di Google Page Result

Bagaimana cara agar bisa menduduki ranking/peringkat 1 (satu) di Google Page Result


mendapat rangking satu di Google untuk kata kunci cara menghasilkan uang lewat internetSaya berharap jika Anda mengetikan rangkaian kata kunci seperti cara menghasilkan uang lewat internet di Google Search, Anda akan menemukan blog ini. Ya..., saya senang karena saya telah menduduki peringkat/ranking satu di Google. Terima kasih om Google .. :-)

Sebenarnya saya tidak jago-jago amat dalam hal SEO (istilah untuk strategi pemasaran web dengan memanfaatkan Search Engine). Tapi dari kasus ranking satu tadi, ada hal yang bisa dipelajari dan saya dengan senang hati ingin berbagi dengan Anda. Makanya, jangan sungkan-sungkan untuk mengingat sebuah nama panjang "cara menghasilkan uang lewat internet". Tinggal masukkan nama itu di web browser Anda tanpa spasi, trus ditambahi .blogspot.com, maka sampailah Anda di blog ini ( he..he..he..)

Belajar dari kasus ranking satu

Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda ingin blog Anda menduduki rangking/peringkat satu di Google Result Page. Yang paling mendasar sebelum Anda menciptakan seuah blog adalah memikirkan tentang "kata kunci". Faktanya, semakin pendek kata kunci yang anda ketikkan di Google Search, maka akan semakin banyak temuan yang disajikan oleh Google Page Result (disingkat "GPR" saja yah). Semakin banyak hasil temuan berarti semakin banyak pula persaingan untuk sebuah kata kunci.

Sebagai contoh, kalau Anda mengetikan kata kunci "uang", mungkin Anda akan melihat GPR menginformasikan bahwa ada sekitar 18 juta-an halaman mengandung kata kunci "uang" ditemukan. Dan GPR menyajikan 10 daftar di halaman pertama sebagai temuan yang dianggap paling relefan. Lalu di mana situs/blog Anda berada?

Temuan Spesifik

Mencari informasi dengan menggunakan search engine seperti Google tentu Anda ingin mendapat hasil temuan yang Anda inginkan atau lebih tepatnya mendapat "temuan spesifik". Kita bisa mendapatkan temuan yang spesifik dengan mempersempit kata kunci yang kita cari.

Misal,
Jika Anda mengetik kata kunci "uang" saja (sangat luas), Anda akan menemukan berbagai halaman yang mengandung kata "uang". Lebih parah lagi, terkadang dalam sebuah kata yang di dalamnya terdapat kata "uang" (seperti peluang) pun akan ikut disajikan oleh GPR. Sedang jika yang Anda maksud adalah (misalnya) "menghasilkan uang lewat internet", maka Google pun akan berusaha menyajikan kata kunci sesuai dengan "kalimat" yang anda ketik. Memasukan "kalimat" dan bukan "kata" merupakan cara untuk mempersempit temuan Search Engine.

Sempitkan / Spesifikasikan Kata Kunci Anda

Dalam kasus ini, saya menyempitkan kata kunci dengan menggabungkan kata menjadi kalimat pendek seperti cara menghasilkan uang lewat internet. Sehingga ketika seseorang ingin mendapat temuan spesifik dengan kata-kata kunci tersebut, saya pun mendapat peluang untuk menduduki peringkat satu. Atau minimal berada di halaman pertama GPR.

Tentu saja banyak faktor lain yang mendukung. Beberapa di antaranya seperti tag-tag HTML yang akan Anda gunakan, judul halaman, deskripsi situs, dan yang paling penting dari semua strategi SEO adalah "isi" atau content blog Anda. Bagaimanapun juga, Google Search dibuat untuk melayani manusia. Apakah Anda membuat blog atau website dengan mengoptimisasinya untuk melayani mesin perayap?