Laman

6 Sep 2014

Jangan Takut Sama Bisnis Online

Tiap pemula selalu penasaran gimana sebenernya cari duit di internet via bisnis online itu. Banyak orang terjebak informasi menyesatkan yang ahirnya menimbulkan asumsi negatif bagi sebagian orang. Jika anda berbekal beberapa pengetahuan di bawah ini, Anda tidak akan tersesat di jalan. Dijamin! .... siapa yang mau jamin?

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah bisnis online?

Ijinkan saya ngelantur dulu ya. 

Kalo misalnya anda tau berapa jumlah orang online setiap hari di facebook, twitter, dan lainnya, apa yang melintas di pikiran anda - pura2 sebagai orang yang berjiwa pengusaha?

Gak tau?

Anggap saja ada 5 juta orang Indonesia saat ini lagi fesbukan - tepat saat ini atau pada waktu bersamaan. Mereka itu kan pasti ada yang ibu-ibu, adek2 remaja, bapak2 iseng, jomblo2 cari gebetan, dan para pengusaha yang cerdas.

Katakan saja, 5% dari semuanya itu hobinya mancing. Anggap mereka penggila mancing sampai2 koleksi pancingan di rumahnya bernilai sama dengan motor anda. Jadi jumlahnya 250 ribu orang, dalam waktu yang sama lagi online fesbuk.

Masuk akal gak kalo misal mereka saya tawarin alat pancing - karena, pura-pura, saya pedagang alat pancing. Lhoh... harus di-add itu semuanya 250 ribu orang?

Ya tentu ngga lah. Pasang iklan di fesbuk, itu maksudnya.

Apa yang terjadi ketika 250 ribu penggila hobi mancing melihat iklan alat pancingan keren. Kalo misal 10 saja orang beli pancingan dari saya seharga 1 jutaan, maka dapat dong omset 10 juta hari itu.

Jadi bisnis online sebenernya adalah apa yang sudah biasa dilakukan orang bisnis di jaman dulu, sekarang dilakukan lewat media online. Saatnya bersih-bersih pikiran dan menyingkirkan asumsi negatif tentang bidang usaha yang alat bantu pemasarannya komputer dan internet ini.

Kalo boleh saya perluas lagi,
Jualan secara online itu dapat mencapai jangkauan prospek lebih luas dengan biaya lebih murah - bahkan cukup bayar internet aja, dan tidak perlu mengoperasikan banyak alat bantu pemasaran (sementara saya bilang begitu karena pada tahapan lanjut, kebutuhan lebih banyak untuk hasil lebih banyak juga).

Jadi, mari mulai saat ini kita pindahkan apa saja yang ada di sekeliling kita ke dalam komputer dan menjadi online. Maksudnya gini: apa yang biasanya dijual secara konvensional, coba sekarang dijual lewat internet. Jadi anda gak lagi berpikiran kalo bisnis online itu harus arisan, forex, MLM, MMM, money game, jual PDF dan sebagainya, walau itu semua juga termasuk dalam bagian bisnis online.

Tau ya maksudnya?

Nah, bisnis online itu sendiri macem-macem banget. Ada yang jualan barang-barang fisik, ada yang jualan layanan, dan banyak benda-benda gak kelihatan juga dijual. Bahkan blog ini sendiri menghasilkan uang juga loh. Dari mana? Nanti anda tau deh :D

Tapi inget... seperti yg saya sebut di awal tadi. Banyak sekali pemula terjebak. Mereka masuk pada jenis usaha yang berat dan membuang waktu hanya karena iming2 yang membuai harapan, alias PHP. Dan ingat juga gak semuanya php. Bahkan blog yang sedang anda baca ini disediakan oleh perusahaan yang nilai sahamnya mencapai $500 per lembar. Atau fesbuk yang ada di HP anda itu perusahaannya memiliki ribuan karyawan dengan kantor yang gedungnya menjulang ke langit.

Bisnis online itu riil, nyata, dan bernilai nyaris sama dengan se-isi dunia. Jika jaman kita kecil dulu dunia bergantung pada lampu, surat dan telegram, sekarang dunia bergantung pada internet. Karena semuanya sekarang menggunakan jaringan. Tanpa internet anda gak bisa pake ATM, harus ngantri beli tiket di stasiun, harus kirim-kiriman surat kaya jaman Siti Nurbaya, harus bawa uang pake peti, dan sebagainya.

Masih sinis sama bisnis online?

Tanpa jaringan internet, anda gak bakal sekarang lagi baca blog ini kan?

Jadi, jangan takut!
Ada jutaan orang baik dan jahat, baik off-line maupun online. Mulailah berbisnis, sekarang!

*_*


Belajar Iklan Di Facebook